Indeks News Segera Luncurkan Polling Pileg 2019 Tahap Dua

BERBAGI
Polling Pileg 2019 yang diselenggarakan oleh indeksnews.com sejak awal Agustus 2018 yang lalu akan segera memasuki Tahap Dua dari tiga tahap yang direncanakan. Menurut Pemimpin Umum Indeks News, Fuaddy Chaidir Rosha, polling untuk calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota dan Kabupaten ini hanya menyasar responden yang ada di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi), Provinsi Sumatera Barat dan Riau.
Loading...

“Polling yang kami selenggarakan di Jabodetabek, Sumbar, dan Riau ini kami lakukan tiga tahap. Memang pada tahap pertama terasa membosankan karena durasinya cukup panjang yaitu lebih kurang 4 bulan, namun tujuannya adalah agar para caleg punya kesempatan yang sama untuk mensosialisasikan polling ini di tengah konsituennya,” ujar Fuaddy Chaidir Rosha.

Pemimpin Umum Indeks News ini menyampaikan, bahwa pada polling tahap kedua hanya bisa diikuti oleh para caleg yang lolos sesuai rangking di daerah pemilihannya.”Misalnya, di dapil tersebut jumlah kursinya 10 maka yang lolos ke tahap kedua adalah para caleg yang berada pada jumlah vote 40 besar,” imbuhnya.

Bagi caleg yang lolos ke tahap dua hitungannya berdasarkan jumlah kursi, apabila pada dapil tersebut jumlah kursinya 4 seperti untuk calon anggota DPD RI maka yang lolos ke tahap dua adalah caleg yang berada pada jumlah vote 16 besar (semua dikalikan 4)

Untuk polling tahap dua, batas waktunya hanya satu setengah bulan yaitu mulai awal Januari 2019 hingga 14 February 2019. Menurut Fuad, 40 caleg ini akan bersaing menjadi 20 besar agar lolos pada polling tahap tiga yang akan diselenggarakan mulai 20 Februari sampai 10 April 2019 atau menjelang minggu tenang Pemilu 2019.

Fuad mengharapkan kepada para caleg yang berada di tiga wilayah ini untuk memanfaatkan polling ini dalam melakukan sosialisasi. Sekalipun polling ini bukan merupakan jaminan seorang caleg lolos ke legislatif, namun polling ini bisa dijadikan salah satu alat ukur bagi para caleg dalam menghadapi Pemilu 2019 mendatang.[button

“Untuk Polling Pilpres dan Polling Partai tetap seperti sekarang, tidak ada tahapannya, dan dua polling ini menyasar konstituen diseluruh Indonesia,” pungkasnya.

Polling Indeks News Kini Mencapai 4 Juta Followers

Tonton Melalui Android Klik Di Sini
Loading...
loading...