Siap-siap Bagi Yang Belum, Menaker Beri Bocoran Pencairan Subsidi Gaji Gelombang Kedua

7
Siap-siap Bagi Yang Belum, Menaker Beri Bocoran Pencairan Subsidi Gaji Gelombang Kedua
Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berikan bocoran terkait penyaluran subsidi gaji gelombang kedua, pada saat penyerahan bantuan di Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu (18/10/2020).

Ida mengatakan, penyaluran gelombang pertama sudah selesai 98 persen. Pihaknya berencana gelombang kedua sudah cair sebelum November.  Seperti yang ramai diberitakan, Presiden Jokowi akan memberikan bantuan sebesar Rp 600.000 untuk para karyawan dengan gaji di bawah Rp 5 juta.

“Alhamdulillah sudah ditransfer 12,1 juta rekening yang sudah disalurkan artinya sudah 98 persen. Insya Allah mudah-mudahan sebelum November kita bisa transfer subsidi untuk bulan November dan Desember,” kata Menaker.

Bantuan gaji sebesar Rp 600.000 tersebut akan diberikan oleh pemerintah selama 4 bulan.

Presiden Jokowi sempat mengatakan bahwa bantuan tersebut akan diberikan kepada pekerja yang terdaftar BPJS Ketenagakerjaan pada bulan Agustus 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut bahwa pemerintah akan menggelontorkan anggaran Rp 31,2 triliun untuk merealisasikan program ini.

Bantuan dari pemerintah ini juga akan diberikan secara bertahap. Penyaluran subsidi gaji juga dilakukan dalam dua gelombang. Ida Fauziyah pun memberikan penjelasan terkait kapan subsidi gaji gelombang kedua akan cair.

Ia pun meminta perusahaan untuk memperbaiki sejumlah persyaratan yang kurang tersebut agar subsidi bisa diberikan kepada pekerja.

“Kalau 12,1 juta rekening berarti ada yang belum menerima, uangnya masih di kami yang menunggu persyaratan sudah terpenuhi. Pada termin (gelombang) kedua bantuan rencana sebelum November sampai ke semua rekening,” tambah Menaker.

BACA JUGA:  Rapimnas Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seluruh Indonesia