Protes Pernyataan Macron, Elemen Massa Akan Demo ke Kedutaan Prancis

69
Elemen massa demo kedutaan Prancis
JAKARTA – Antisipasi aksi demo yang dilakukan sejumlah elemen massa di kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis, Polres Jakarta Pusat melakukan pengamanan sejak Jumat (30/10/2020).

Demonstrasi mengecam pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron rencananya segera digelar. Adapun eksponen yang akan berunjuk rasa antara lain Persaudaraan Alumni (PA) 212, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, dan lain-lain.

“Iya hari ini, sampai tanggal 2 (November). Kita akan tingkatkan, karena aksi yang tanggal 2 itu sudah ada suratnya dan memang sudah di layangkan ke Polda Metro. Maka kita fasilitasi nanti mereka untuk melaksanakan aksinya,” ujar Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto di depan Gedung Kedubes Prancis, Jumat (30/10/2020).

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto mengatakan surat pemberitahuan aksi unjuk rasa yang sudah masuk ke Polda Metro Jaya, hanya aksi pada Senin, 2 November besok.

“Yang sudah memberi surat pemberitahuan adalah hari Senin tanggal 2 November,” kata Heru.

Namun sebagai antisipasi massa pendemo yang berunjuk rasa tanpa mengirimkan surat pemberitahuan, maka Polres Jakarta Pusat menyiagakan personel mereka di sekitar Kedubes Prancis sejak Jumat kemarin.

“Untuk antisipasi bila ada demo yang tidak mengirim surat pemberitahuan ke Polda,” terang dia.

Kawat berduri sudah dipasang untuk menyekat massa. Selain itu kendaraan taktis juga sudah disiagakan. Terlihat juga personel Brimob dan Sabhara sudah berada di lokasi.