Aksi Demonstrasi 2/11 Besok Berpusat di Kedubes Prancis dan Patung Kuda

32
Aksi Demonstrasi
Aksi demonstrasi terkait pernyataan Presiden Prancis Emanuel Macron yang menyinggung perasaan umat muslim akan di laksanakan besok, Senin (2/11), yang berpusat di patung kuda dan Kedubes Prancis.

Juru bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212, Ustadz Haikal Hassan, mengajak umat Islam berdemonstrasi di Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis di Jakarta Pusat (Jakpus). Dia mengatakan PA 212 sedang menggalang pihak-pihak yang akan berdemo pada awal pekan depan.

“Sedang digalang. Ya (PA 212) turun,” kata Haikal saat dimintai konfirmasi, Jumat (30/10/2020).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menghimbau siapapun yang melakukan aksi jangan bikin rusuh.

“Kita mengimbau sampaikanlah apapun dengan damai, jangan bikin kerusuhan. Terus kita juga menyampaikan tolonglah korlap supaya jangan sampai terprovokasi kelompok provokator yang niatnya pengin bikin rusuh. Itu harus dijaga, jangan sampai nanti masuk lagi kelompok-kelompok yang memang anarkis yang biasa pengin bikin rusuh,” kata Yusri Yunus saat dihubungi, Minggu (1/11/2020).

Yusri belum dapat merinci berapa jumlah personel yang akan dikerahkan untuk pengamanan demo besok. Pihaknya menyatakan tetap siap mengawal aksi unjuk rasa.

“Kalau tanya pengamanannya belum bisa, kita lihat besok lah. Kita belum tahu demo berapa orang. Tapi kita siap mengamankan,” ujar Yusri.

Yusri mengatakan pihaknya sudah menerima pemberitahuan unjuk rasa. Namun, dia tetap mengingatkan angka penularan Covid-19 di DKI Jakarta yang masih tinggi.

“Hak UU Nomor 9/1998 kan boleh kita menyampaikan pendapat, tapi kita menyarankan, mengedukasi Covid lho ini, Covid-19 ini Jakarta masih tinggi. Jadi kita harapkan, kita antisipasinya iya kita siapkan pengamanan,” tambahnya.

Dalam selebarannya, ketiga ormas Islam mengajak masyarakat memboikot produk yang berasal dari Prancis. Rencananya, kegiatan aksi demonstrasi yang dinamakan ‘Aksi 211’ itu akan digelar pada Senin, 2 November 2020.

Tiga organisasi masyarakat (ormas) Islam yakni GNPF Ulama, Front Pembela Islam (FPI), dan Persaudaraan Alumni (PA) 212 akan menggelar aksi demonstrasi di depan Kedutaan Besar Prancis.